Resume 5 : Pembangunan Knowledge

  • Model Data-Information-Knowledge-Wisdom
  • Kategori Pikiran Manusia (Russell Ackoff)

Data : berupa simbol-simbol.

Informasi: data yang diproses agar dapat dimanfaatkan, dimana informasi ini digunakan untuk menjawab pertanyaan tentang “who”,  “what”,  “where”, “when”.

Knowledge: merupakan aplikasi dari data dan informasi dalam menjawab pertanyaan “how”.

Understanding: mengapresiasikan pertanyaan “why”.

Wisdom: evaluasi dari understanding.

  • Data

Menurut Mike Powell (2003) dalam bukunya Information Management for development Organizations, dimana menurut beliau data itu ialah koleksi terstruktur dari kumpulan fakta atau pernyataan.

Contohnya: kumpulan dari transaksi perbelanjaan kita sehari-hari, ketika kita melakukan perbelanjaan setiap harinya hal itu akan menambahkan data basis data pada basis transaksi toko tempat kita berbelanja.

  • Informasi

Menurut Budiman Pratomo (2004) informasi ialah sebuah data yang telah diolah. Biasanya menggunakan aturan statistika, sehingga dapat mengandung arti. Oleh karena itu sebuah informasi harus bisa diambil dari data-data yang akurat, sehingga ketika kita membutuhkan sebuah informasi yang kita butuhkan maka kita akan mendapatkan sebuah informasi yang akurat pula, dan tentunya terpercaya.

Terdapat sebab-akibat

Contohnya: Pertandingan sepakbola Liga Indonesia antara Club Persija dengan Persib pukul 16:30 tadi berakhir dengan skor 3 : 2 untuk kemenangan Persija.

  • Mengubah data menjadi Informasi
  • Knowledge

Pengetahuan merupakan konstruksi dari kenyataan, dibandingkan sesuatu yang benar secara abstrak. Penciptaan pengetahuan tidak hanya merupakan kompilasi dari fakta-fakta, namun suatu proses yangunik pada manusia yang sulit disederhanakan atau ditiru.

Dalam buku yang ditulis oleh Von Krogh, Ichiyo, serta Nonaka (2000), salah satu pengertian dari pengetahuan ialah merupakan justified true believe. Seorang individu membenarkan kebenaran atas kepercayaannya berdasarkan observasinya mengenai dunia.

  • Understanding

Menurut Webster dalam buku KM Tobing L Paul (2007), ialah the capacity to apprehead a general relations of particular atau kemampuan untuk memahami arti (meaning) dari hubungan-hubungan antar bagian-bagian dari sesuatu.

Menurut Bellinger et al (2006), understanding merupakan proses melalui dimana kita memperoleh knowledge dan melakukan sintesa untuk menciptakan knowledge baru.

  • Contoh Data-Informasi-Pengetahuan

Data:  Kenaikan harga BBM.

Informasi: Telah terjadi kecelakaan mobil di Jalan Raya Lintas ahmad yani , siang tadi pukul 13:00, korban jiwa sebanyak 4 orang, yang merupakan satu keluarga dan meninggal ditempat.

Pengetahuan: orang yang belum pernah mempelajari tentang jaringan kemudian orang tersebut melihat, membaca buku tentang jaringan, dan akhirnya orang tersebut mempunyai pengetahuan tentang jaringan.

  • Wisdom

Menurut Xiaoming Cong dan Kaushik V Pandya (2003) mengemukakan bahwa wisdom merupakan pemanfaatan dari knowledge yang telah diakumulasi dalam jangka waktu tertentu.

  • Pemodelan pengetahuan

Beberapa pemodelan pengetahuan pengertian (bisa digunakan oleh manusia dan komputer)

Aturan (rules)

Semantic Network

Lainnya:

Frames

Concept diagram

  • Aturan (rules)

Bentuk umum rules:

If attribute A1 has value V1

And attribute A2 has value V2

Them attribute A3 has value V3

  • Semantic Network
  • Knowledge structure

Pengetahuan yang aktual dihasilkan dari pengetahuan yang sudah ada. Identifikasi pengetahuan dasar untuk membantu struktur pengetahuan. Pengetahuan dasar ini menjadi bagian struktur pengetahuan; dan dapat digunakan untuk menghasilkan pengetahuan aktual
Contoh pengetahuan dasar dari pengetahuan merebus telur :
Boiling an egg
Boiling water
Obtaining an egg
Chemical changes

  • Knowledge Map/ Network

Daftar pustaka

http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2009-1-00274-MN%20Bab%202.pdf

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *