Penghantar TIK

Nama: Sabila Amanda Putri Riyadi

Nim: 1301194106

Kelas: IF-43-08

Literasi TIK dan Literasi Informasi

                Pada saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berkembang sangat pesat, dimana ICT atau yang biasa kita kenal dengan (TIK) sudah sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Dimana antara teknologi dengan jaringan sangat mendukung terjadinya komunikasi dan penyebaran informasi.

            Pada dasarnya perkembangan ICT ini memiliki beberapa tujuan yang sekarang sudah bisa kita lihat, yang pertama adalah menyebarkan informasi terkini dari satu individu kepada individu lain. Bahkan persebaran informasi bisa diakses oleh beberapa kelompok besar (masyarakat), yang kedua adalah penyebaran informasi dengan akses seluas luasnya dan pemerataan informasi,dan yang ketiga adalah mempercepat tersebarnya informasi.

            Dan dari kehidupan sehari-hari di masyarakat kita bisa melihat dan merasakan bahwa, tujuan yang ingin dicapai dari perkembangan ICT sudah kita rasakan. Yang mana untuk mendapatkan informasi kita bisa dengan mudahnya membuka beberapa portal online atau blog melalui ponsel dan informasi itu sudah bisa kita dapatkan dengan mudah dan tidak memakan banyak waktu.

Literasi TIK pada saat ini sangat dibutuhkan karena dari perkembangan jaman dan makin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi ini akan sangat membantu kehidupan sehari-hari. Dan sudah bisa di prediksi bahwa teknologi akan sangat merajai kehidupan masyarakat pada jaman yang akan datang, maka mulai dari sekarang literasi TIK sangat dibutuhkan. Jadi jangan hanya kita bisa mengunakan teknologi dan jaringan tanpa di sertai edukasi dalam menggunakannya, kita pun harus ikut serta mengetahui edukasi tentang teknologi dan jaringan ini.       

      Literasi Informasi pada dasarnya literasi sendiri adalah salah satu media yang mengedukasi kita untuk mendapatkan informasi berdasarkan reverensi atau pembahasan dari beberapa pihak yang ahli dalam bidangnya, karena dengan Literasi Informasi itu sendiri membuat kita mengetahui permasalahan yang terdapat dari beberapa informasi yang kita dapat. Dan juga menyelesaikan masalah menggunakan informasi yang kita dapatkan.

Kelebihan TIK (ICT)

  • Sosial

Dimana kelebihan dari TIK menyebabkan dampak baik bagi bidang sosial, yang mana dengan teknologi informasi dan komunikasi membantu dalam bidang sosial salah satunya untuk mendapatkan informasi berita terkini dari berbagai dari di indonesia. Bahkan dalam cangkupan internasional dalam mendapatkan informasi sangat mudah dan tidak memakan waktu yang banyak. Dan untuk menyebarkan informasi sangat mudah dilakukan dimana pun dan kapan pun.

Contoh:

  1. Google : Dengan google untuk mendapatkan informasi terkini dengan sumber yang terpercaya kita bisa mendapatkannya dengan mudah.
  2. Email : Dengan email untuk mengirimkan informasi kepada individu lain kita bisa mengirimkannya dengan cepat, bahkan dalam cangkupan internasional sekali pun.
  • Pendidikan

Kelebihan TIK dalam bidang pendidikan memiliki dampak positif dalam bidang pendidikan yang mana mempermudah jalannya kegiatan belajar mengajar, dan mempermudah mendapatkan bahan dalam belajar dan mengajar.

Contoh:

  1. Google : terdapat berbagai ulasan dari materi pembelajaran yang tidak terdapat di beberapa buku.
  2. Edmodo: sebagai media yang menghubungkan pembelajaran antara siswa dan guru pengajar.
  • Hiburan

Kelebihan TIK dalam bidang hiburan ini mendapat respon posistif, dimana dari teknologi dan jaringan sangat memudahkan masyarakat untuk mengakses beberapa perangkat yang dipergunakan sebagai sarana hiburan.

Contoh:

  1. Youtube: sebagai sarana mendapat hiburan berbasis vidio yang mana terdapat berbagai macam konten hiburan di dalamnya.
  2. Webtoon: merupakan aplikasi yang bisa di jadikan sebagai sarana hiburan berbasis cerita bergambar yang bisa di akses semua kalangan.
  • Ekonomi

Kelebihan TIK dalam bidang ekonomi berdampak postif bagi masyarakat.

Contoh:

  1. Shopee: sebagai tempat perbelanjaan online
  2. M-banking: sebagai media transaksi antara bank satu dengan bank lain berbasis mobile phone.
  • Pemerintahan

Kelebihan TIK sangat membantu dalam sistem pemerintahan.

Contoh:

  1. Untuk melindungi keamanan data-data milik negara berbasis teknoligi dan jaringan
  2. Untuk mneyebar luaskan informasi terkini tentang keadaan pemerintahan di Indonesia
  • Politik

Kelebihan TIK sangat membantu dalam sistem politik

Contoh:

  1. Penyebaran visi dan misi calon legislatif yang akan datang
  2. Untuk menybarkan informasi data diri dari calon-calon yang akan mewakilkan rakyat
  • Hukum

Kelebihan TIK pun sangat membantuk dalam sistem hukum

Contoh:

  1. Untuk mengetahui siapa saja yang melanggar lalu lintas, terdapat satu aplikasi yang membantu kepolisian untuk menindak lanjuti pelanggaran lalu lintas
  2. Untuk membantu pihak catatan sipil dalam proses pembuatan E-ktp, yang mana bisa mendaftarkan diri secara online untuk mengajukan pembuat E-ktp.
  • Budaya

Kelebihan TIK dalam bidang budaya

Contoh:

  1. Youtube: dengan adanya aplikasi ini sendiri memudahkan semua orang untuk mengetahui kebudayaan yang ada di Indonesia.
  2. Google: memudahkan kita mengetahui semua kebudayaan, baik suku mau pun keragaman indonesia dengan artikel sebagai pendukun.

Kekurangan TIK

  • Kontrol Konten

Perkembangan jaringan dan teknologi sendiri tidak hanya megundang banyak dampak positif, terdapat dampak negatif salah satunya adalah kontrol konten. Dimana karena kemudahan mendapatkan informasi ini, terdapat beberapa konten yang tidak dapat dikontrol oleh bebrapa pengguna. Salah satu kontol konten yang menurut saya sangat miris adalah beberapa konten yang tidak seharusnya bisa diakses oleh anak dibawah umur. Maka dari itu untuk orang tua saat mengenalkan teknologi informasi dan komunikasi yang sudah sangat pesat sekarang ini, hendaknya menyertai bimbingan dan pantauan agar tidak berdampak negatif.

Contoh:

  1. Sinetron: yang biasa anak lihat di televisi, yang mana terdapat banyak konten kekerasan yang nantinya ditakutnya akan ditiru oleh anak-anak dibawah umur yang memang belum seharusnya mengetahui konten tersebut.
  2. Google: google sendiri akan sangat berguna apa bila menggunakannya dengan ketentuan seharusnya, bagi orang tua yang sudah mengenalkan anaknya dengan google ini baiknya diberikan bimbingan dan perhatian lebih.
  • Ancaman kemananan

Kekurangan TIK selanjutnya adalah ancaman keamanan yang mana marak terjadi pada era odern skerang ini, banyak sekali kasus penipuan yang sudah mengunakan teknologi dan jaringan sebagai sarana melancarkan aksi menipuan.

Contoh:

  1. Sms: kasus penipuan berbasis teknologi dan jaringan dengan menjadikan Sms ini sudah sering dijumpai, dengan mengatas namakan salah satu nama sanak saudara dari korbannya.
  2. Facebook: kasus penipuan berbasis teknologi yang sampai saat ini masih sering terjadi, dengan menjalin pertemanan kemudian menipu bahkan paling parahnya lagi ada beberapa kasus yang sampai hilangnya nyawa orang lain.
  • Kebebasan berekspresi

Kekurangan TIK yang terakhir ini adalah kebebasan berekspresi, sebenarnya kekurangan TIK yang satu ini tidak akan membawa dampak negatif bagi masyarakat atau lingkungan sekitar. apabila mengekspesikan diri dengan cara yang sewajarnya, karna masih banyak beberapa orang mengekspresikan dirinya dengan sangat berlebihan yang mana pada akhirnya mengundang pengaruh yang kurang baik bagi sekitarnya.

Contoh:

  1. Instagram: banyak kalangan mengekspresikan diri mengunakan aplikasi ini dengan mengirim gambar dan vidio, yang mana aplikasi ini tidak hanya bisa diakses oleh orang terdekat saja melainkan semua orang bisa mengaksesnya. Kasus yang sering terjadi adalah kecemburuan sosial dan hilangnya rasa malu.
  2. Twitter: untuk mengekspresikan diri melalui twitter sering kali orang-orang menuangkan pemikirannya dalam bentuk tulisan, yang mana banyak sekali tulisan yang mereka tulis membuat beberapa pihak tersinggung.

Sejarah komputer

Arsitektur Sistem

  • Hardware

Merupakan perangkat keras, yang mana menjadi tempat untuk menjalankan sistem jaringan. Yang terbuat dari logam dan peralatan TIK berbentuk fisik.

  • Software

Merupakan perangkat lunak, yang mana menjadi sarana interaksi (penghubung) antara pengguna (user) dan perangkat keras (hardware). Yang mana software adalah program komputer yang instruksinya dapat di ubah.

Internet vs internet

  • Pengertian Internet

Internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan komputer satu sama lain yang menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran sehingga kita bisa saling berkomunikasi, berinteraksi, dan saling bertukar informasi meski dalam jarak yang jauh.

  • Pengertian Intranet

Selain Internet ada juga yang namanya Intranet, Intranet adalah jaringan pribadi (Private Network) yang mengunakan internet untuk saling berbagi dan bertukar informasi di dalam jaringan lokal contohnya adalah: Perusahaan, Kantor, Sekolah Universitas DLL. Intranet juga termasuk ke dalam salah satu jaringan LAN (Local Area Network) yang hanya bisa mencakup wilayah kecil.

  • Perbedaan Antara Internet dan Intranet
  1. Internet :

Jaringan yang sangat Luas (Internasional Bahkan Sedunia)

Memiliki Jaringan yang Kuat

Perkembangan yang Sangat Pesat

Bisa di akses kapan saja dan dimana saja

2. Intranet:

Jaringan yang kecil dan sempit (hanya mencakup wilayah lokal)

Perkembangannya yang lambat

Biasa digunakan oleh perkantoran, sekolah, universitas, rumah sakit.

Kesimpulan

Pada era modern saat ini pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi sangat dibutuhkan, akan tetapi dibutuhkan bimbingan dan pemantauan. Dan lagi teknologi dan jaringan akan sangat membantu kita apabila digunakan dengan seharusnya.

Daftar pustaka

https://idcloudhost.com/pengertian-dan-perbedaan-dari-internet-dan-intranet/

kambing.ui.ac.id>ebook

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *